top of page

I WILL BE LEADING WORSHIP AT CALVARY CHRISTIAN FELLOWSHIP Group

Public·17 members
Darek Rowiński
Darek Rowiński

Contoh Program Tahunan Bimbingan Konseling Smp


Contoh Program Tahunan Bimbingan Konseling SMP




Bimbingan konseling (BK) adalah salah satu layanan pendidikan yang bertujuan untuk membantu peserta didik dalam mengembangkan potensi diri, mengatasi masalah, dan menentukan pilihan karir. BK di SMP ditujukan untuk membantu peserta didik menghadapi tugas-tugas perkembangan yang mencakup aspek pribadi, sosial, belajar, dan karir. Untuk melaksanakan BK secara efektif dan efisien, diperlukan program BK yang disusun secara sistematis dan komprehensif.


DOWNLOAD: https://placbocepe.blogspot.com/?at=2w4lBZ


Program BK adalah rencana kegiatan BK yang disusun untuk periode tertentu, misalnya satu tahun pelajaran. Program BK mencakup rasional, visi dan misi, deskripsi kebutuhan, tujuan, komponen program, bidang layanan, rencana operasional, pengembangan tema/topik, rencana evaluasi, pelaporan dan tindak lanjut, serta anggaran biaya. Program BK harus disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, kurikulum sekolah, dan sumber daya yang tersedia.


Berikut ini adalah contoh program tahunan BK SMP yang dapat dijadikan referensi bagi guru BK atau konselor sekolah:




No


Komponen Program


Deskripsi




1


Rasional


Menjelaskan latar belakang, landasan hukum, dan alasan penyusunan program BK.




2


Visi dan Misi


Menyatakan gambaran umum dan arah tujuan program BK sesuai dengan visi dan misi sekolah.




3


Deskripsi Kebutuhan


Mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan peserta didik dalam bidang pribadi, sosial, belajar, dan karir berdasarkan data sekolah, hasil observasi, wawancara, angket, tes, atau instrumen lainnya.




4


Tujuan


Menyusun tujuan umum dan tujuan khusus program BK yang bersifat SMART (Spesifik, Measurable, Achievable, Realistic, Time-bound).




5


Komponen Program


Menguraikan komponen program BK yang terdiri dari: a) Layanan Dasar (Layanan Orientasi, Layanan Informasi, Layanan Penempatan dan Penyaluran, Layanan Pembinaan Kehidupan Berkarir); b) Layanan Responsif (Layanan Konseling Individual dan Kelompok); c) Layanan Perencanaan Individual/ Kelompok (Layanan Bimbingan Individual dan Kelompok); d) Layanan Pendukung (Koordinasi dengan Pihak Terkait; Konsultasi; Pengembangan Sistem; Pengembangan Program; Manajemen Kasus; Advokasi; Supervisi; Penelitian dan Evaluasi).




6


Bidang Layanan


Mengelompokkan layanan BK berdasarkan bidang pribadi (self), sosial (social), belajar (learning), dan karir (career).




7


Rencana Operasional (Action Plan)


Membuat rencana operasional program BK yang mencakup: a) Sasaran; b) Jenis layanan; c) Waktu pelaksanaan; d) Tempat pelaksanaan; e) Sumber daya; f) Penanggung jawab.




8


Pengembangan Tema/Topik


Menyusun tema/topik layanan BK yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, kurikulum sekolah, dan isu-isu aktual.




9


Rencana Evaluasi, Pelaporan dan Tindak Lanjut


Menyusun rencana evaluasi, pelaporan dan tindak lanjut program BK yang meliputi: a) Indikator keberhasilan; b) Teknik dan alat evaluasi; c) Waktu dan tempat evaluasi; d) Bentuk dan isi laporan; e) Waktu dan penerima laporan; f) Tindak lanjut hasil evaluasi.




10


Anggaran Biaya


Menghitung dan mengalokasikan anggaran biaya yang dibutuhkan untuk melaksanakan program BK.




Demikian contoh program tahunan BK SMP yang dapat dijadikan referensi. Program BK dapat disesuaikan dengan kondisi dan situasi sekolah masing-masing. Semoga bermanfaat.


Sumber: [1], [2], [3]


About

Welcome to the group! You can connect with other members, ge...
bottom of page